Syarat Alinea yang Baik dan Benar untuk karya ilmiah

Posted by

Bagi pelajar, baik di sekolah maupun perguruan tinggi, kemahiran menulis menjadi tanggung jawab yang harus dipenuhi. Tanggung jawab tersebut dibebankan kepada para pelajar, agar mereka memiliki kemampuan mengungkapkan pikiran mereka secara lugas dan benar, sehingga akan lebih mudah dipahami oleh orang lain. Tulisan yang baik pasti terdiri dari alinea/paragraf yang baik juga. Lalu bagaimana syarat sebuah aline/paragraf yang baik? berikut poin-poinnya.


1. Memenuhi prinsip kesatuan (unity)
Setiap paragraf yang baik hanya memiliki satu buah gagasan pokok. Fungsi paragraf adalah untuk mengembangkan gagasaan pokok tersebut, sehingga hanya terdapat satu gagasan pokok dalam sebuah paragraf.

2. Memenuhi prinsip kepaduan (Koherensi)
Setiap paragraf yang baik seharus memiliki keterkaitan satu sama lain. Hal ini mengandung pengertian, bahwa paragraf bukan hanya kumpulan kalimat yang berdiri sendiri, melainkan saling berhubungan satu sama lain.

3. Memenuhi prinsip kelengkapan
Sebuah paragraf yang baik dan benar harus berisi kalimat-kalimat penjelas yang menunjang gagasan pokoknya, sehingga informasi yang disampaikan menjadi lengkap. Sebaliknya dikatakan tidak lengkap jika sebuah paragraf hanya diperluas dengan pengulangan-pengulangan pokok bahasan saja.

Sumber tulisan di atas adalah sebuah buku karya Sri Pamungkas, berjudul Bahasa Indonesia dalam Berbagai Perspektif halaman 60-61. Buku tersebut diterbitkan di Yogyakarta oleh Penerbut Andi tahun 2012. Sekian materi kita kali ini, semoga bermanfaat bagi kita semua. See you next time.


Blog, Updated at: 10:04

0 komentar:

Post a Comment

Followers

Popular Posts

Powered by Blogger.
Adsense Indonesia