Tips Membeli Kartu Internet Agar Tidak Tertipu

Posted by

Internet saat ini seolah-olah telah menjadi kebutuhan primer manusia. Kebutuhan akses internet ini di manfaatkan setiap orang untuk mengambil keuntungan, termasuk penjual kartu kuota. Jika biasanya kartu kuota di jual di konter-konter, sekarang ini tengah berkembang juga penjual konter di mobil yang beroprasi di pinggir-pinggir jalan.

lilis sujianto
sujianto7.blogspot.com

Namun, peluang usaha ini juga membuka kesempatan untuk penipuan. Pembeli kartu kuota, baik di konter, terlebih lagi di mobil-mobil pinggir jalan, biasanya terburu-buru, sehingga kurang memperhatikan kartu yang ia beli. Akibatnya, beberapa merasa mereka boros kuota, padahal boleh jadi ada penipuan kecil di sini. Oleh karena itu, saya akan menyajikan beberapa penipuan yang dilakukan penjual kartu kuota, dan bagaimana cara menghadapinya.

Jumlah kuota

Hal ini jarang terjadi, karena jika pembeli kartu memasangnya langsung pada handphone mereka, akan sangat mudah untuk mengeceknya. Namun beberapa pembeli terburu-buru membawanya pulang, atau sekedar memasang tanpa mengecek. Ketika internet mereka tiba-tiba lemot, barulah mereka mengecek sisa kuota. Kemudian mereka mendapati jumlah kuota mereka hampir habis. Mungkin mereka terlalu positif thinking atau gimana, justru menganggap diri mereka yang boros. Padahal sebenarnya saat mereka membeli jumlah kuota memang tidak sesuai harganya.
Solusi untuk mengatasi hal ini tentu saja dengan mengeceknya langsung ketika membeli. Atau jika anda terburu-buru, boleh minta kwitansi untuk garansi apabila terjadi sesuatu dengan kartu tersebut, anda bisa menukar dengan kartu yang lain. jangan lupa juga, 1 Gb itu tidak pas 1000 MB, melainkan 1024 Mb, jadi gak usah cengar-cengir merasa untung 24 Mb.

 Spesifikasi kuota

Beberapa perusahaan kartu memiliki paket-paket kuota yang berbeda-beda. Ada paket full service, midnight, flash, localdata, dan lain sebagainya, sesuai penyebutan di provider kartu masing-masing. Selain itu ada pula kartu kuota untuk jaringan 3g dan 4g, jangan sampai anda membeli kartu 4g untuk hp yang hanya suport 3g, atau sebaliknya.
Solusinya adalah memahami betul paket-paket dalam kartu anda, jangan terjebak dengan harga murah dan kuota melimpah. Agar lebih aman, pilihlah paket yang full service atau dapat digunakan 24 jam. Meskipun harganya lebih mahal, namun kenyamanan anda akan terjamin.

 Masa aktif

Inilah yang paling vital, terkadang kita terlalu fokus dengan harga murah dan kuota wah, namun lupa dengan hal ini. ada juga beberapa oknum yang apabila ditanya masa aktif akan bilang 1 bulan, 2 bulan, 3 bulan, namun pada kenyataanya kurang dari itu. jadi berhati-hatilah dalam hal ini, kan tidak lucu jika kuota melimpah tapi masa aktif habis. Kemudian biasanya, jika penjual jujur akan memberitahukan bahwa masa aktif tinggal beberapa hari saja dan juga menjualnya dengan harga yang murah.
Solusi untuk hal ini adalah mengeceknya langsung setelah beli, atau meminta kwitansi supaya aman. Beberapa kartu memang lebih rumit dalam pengecekan masa aktif kartu kuota ini, sehingga dimanfaatkan oleh oknum-oknum pencari keuntungan tersebut.

 Wilayah jangkauan

Di beberapa penjual kartu kuota yang pernah saya kunjungi, banyak di antara mereka yang di cover pembungkusnya tidak terdapat wilayah jangkauan. Hal ini sangat berbahaya bagi pembeli dari luar daerah, karena tidak akan bisa menggunakan kartu tersebut. di sini juga dikenal istilah local data dan data nasional. Lokal data adalah kuota yang hanya bisa anda gunakan di daerah anda mengaktivkannya. Misalnya anda membeli kartu dan mengaktivkannya di semarang, maka anda tidak akan bisa menggunakan kuota pada kartu tersebut. sedangkan data nasional adalah data yang bisa anda gunakan di mana saja selama masih ada sinyal dan termasuk dalam wilayah NKRI.
Sulosinya menanyakan langsung kepada penjual kartu atau mencobanya langung di tempat. Saya pernah membeli kartu kuota 4 Gb 3G yang harganya lumayan mahal, sebelumnya saya tidak tahu tentang sistem lokal data ini. waktu itu saya belinya di semarang, dan akan saya gunakan di Blora. Alhasil, peket data sama sekali tidak bisa saya gunakan. Dalam hati saya merasa tertipu, namun secara logika saya menyadari kesalahan saya sendiri.


Sekian tentang tips membeli kartu kuota dan cara menghindari penipuan dari oknum-oknum pengeruk keuntungan di bisnis tersebut. Mungkin memang membutuhkan waktu, tapi agar tidak tertipu kenapa tidak. Apabila kartu tidak sesuai dengan harganya, sikap selanjutnya terserah anda, apakah akan tetap membelinya, atau tidak. Namun yang perlu diketahui lagi agar anda semakin bijaksana, terkadang ada juga penjual kartu yang tidak mengetahui barang yang ia jual. Boleh jadi memang dari sananya kartunya bermasalah, dan si penjual tidak tahu-menahu akan hal tersebut. nah cukup sekian post saya kali ini, terima kasih telah berkunjung.


Blog, Updated at: 19:43

0 komentar:

Post a Comment

Followers

Popular Posts

Powered by Blogger.
Adsense Indonesia