Rencana Kedepan Menjadi Mahasiswa

Posted by

Saat masuk pertama kali, atau yang sering dikenal dengan istilah "ospek", kalian akan menerima tugas-tugas dari kakak-kakak senior. Salah satu tugasnya adalah membuat essay rencana kedepan menjadi mahasiswa. Berikut ini adalah contoh essay saya sewaktu ospek dulu, mungkin bisa memberikan inspirasi. Jangan copas ya!!! buat sendiri lebih indah.


Rencana kedepan menjadi mahasiswa
Setiap orang selalu memiliki plan untuk kehidupannya di masa depan. Begitu pula dengan saya. Rencana utama saya sebagai seorang mahasiswa adalah mengembangkan kemampuan hardskill dan softskill saya.
Hardskill adalah kemampuan menguasai ilmu pengetahuan, teknologi, dan keterampilan teknis yang berhubungan dalam bidang ilmunya. Hardskill bisa saya raih dengan cara rajin belajar dan berlatih. Karena itu saya akan bersungguh-sungguh dalam mengikuti kegiatan belajar dan mengajar di jurusan yang saya pilih. Saya bertekad bisa meraih prestasi tertinggi saya di sini, sehingga bisa membanggakan orang tua dan universitas. Dengan mengatur jadwal belajar yang efektif, saya akan mampu memahami dan menguasai setiap materi yang diberikan dosen. Saya akan memanfaatkan setiap fasilitas kampus seperti perpustakaan dan jaringan internet untuk menggali informasi yang berkaitan dengan materi yang akan saya pelajari. Dengan begitu kemampuan dan pengetahuan saya akan meningkat secara bertahap. Saya juga akan berlatih mempraktekan materi-materi yang saya dapat untuk meningkatkan keterampilan pada bidang yang saya pilih. Dengan melakukan hal-hal diatas kemampuan hardskill saya akan berkembang.
Berbeda dengan hardskill yang berhubungan dengan kemampuan teknis, maka softskill adalah kemampuan yang berkaitan dengan sikap dan karakter diri sesorang yang dilatih sejak kecil. Kemampuan ini berhubungan dengan pengendalian diri, manajemen waktu, interaksi dengan orang lain, mengatur sebuah organisasi, berbicara didepan umum, dan lain sebagainya. Untuk mengembangkan kemampuan ini saya akan aktif dalam organisasi-organisasi yang ada di kampus. Didalam berorganisasi saya akan mendapat pengalaman bagaimana mengatur sebuah organisasi untuk mencapai sebuah tujuan, melakukan musyawarah untuk memecahkan sebuah masalah, serta mengembangkan kemampuan berfikir positif, ulet, dan pantang menyerah. Berorganisasi akan meningkatkan kemampuan saya dalam berkomunikasi dan bersosialisasi dengan orang lain serta saya akan lebih terbiasa birbicara didepan umum. Kemampuan lunak atau softskill sangatlah penting bagi seorang mahasiswa, karena hal ini bisa membantu mahasiswa dalam bertukar informasi, menyampaikan pendapat, dan memahami apa yang disampaikan orang lain. Dengan softskill yang baik seorang mahasiswa akan memiliki relasi yang luas sehingga akan lebih mudah dalam mencapai tujuan-tujuanya. Softskill juga sangat dibutuhkan didunia kerja, semakin tinggi posisi atau jabatan seseorang, maka dibutuhkan softskill yang tinggi juga. Jadi, untuk mencapai karier yang baik kedepanya, saya akan bersungguh-sungguh mengembangkan softskill saya di universitas ini.
Kesimpulan dari rencana saya menjadi mahasiswa adalah mengkombinasikan hardskill dan softskill saya untuk mencapai kesuksesan di masa depan. Sehingga saya bisa menjadi pribadi yang mandiri, yang bisa langsung terjun kedalam masyarakat luas. Berperan aktif dalam kegiatan pembangunan dan mengabdikan ilmu saya untuk kehidupan masyarakat luas sehingga saya tidak hanya berguna bagi diri saya dan orang-orang disekitar saya tapi juga bangsa dan negara tercinta.

Terima kasih


Blog, Updated at: 10:10

0 komentar:

Post a Comment

Followers

Popular Posts

Powered by Blogger.
Adsense Indonesia