25 tips hemat bagi mahasiswa

Posted by

Mahasiswa merupakan sebuah  fase di mana seseorang harus latihan mengelola uang mereka sendiri. meskipun belum menghasilkan uang, namun mereka memiliki kuasa penuh akan uang yang mereka miliki, entah itu dari orang tua atau beasiswa. Di sinilah mahasiswa dituntut untuk berhemat, mengingat kondisi mereka yang serba kekurangan(kecuali mahasiswa kaya). Hemat bukan berarti pelit terhadap diri sendiri, melainkan memprioritaskan kebutuhan jangka panjang dibandingkan kesenangan sesaat yang boros. Berikut 25 tips untuk menghemat anggaran bagi mahasiswa.


1.  Buat rencana Anggaran

Rencana anggaran terbukti sangat efektif untuk berhemat. Negara saja yang memiliki uang triliyunan rupiah tetap menyusun anggaran belanja tiap tahunnya. Hal ini tidak hanya menghemat pengeluaran, namun juga mengontrol pengeluaran hanya untuk hal yang diperlukan. 

2.  Menabung

Setiap berbelanja, pasti ada saja uang receh sebagai kembalian. Uang receh ini sering kali disepelekan, biasanya ditaruh di sembarang tempat. Bagi kalian yang ingin berhemat, disarankan untuk jangan melakukan hal ini. betapa kecil pun nilai suatu uang, ia tetaplah uang yang akan menjadi banyak bila terkumpul dalam jangka waktu tertentu. 

 3. Masak Sendiri

Bagi mahasiswi, mungkin tidak ada masalah untuk memasak sendiri. toh ini juga melatih skil memasak mereka yang sangat berguna ketika sudah berumah tangga nanti. Namun bagi mahasiswa, mereka pasti gengsi memasak sendiri. Untuk itulah jarang sekali mahasiswa yang masak sendiri di kostan. Bagi kalian yang ingin berhemat, buang jauh-jauh rasa gengsi ini. memasak sendiri bukanlah hal yang memalukan, justru menunjukan bahwa kita adalah orang yang mandiri.

4. Jangan Loundry


Berbicara tentang mandiri, pasti bayangan kebanyakan orang adalah tentang melakukan segala sesuatunya sendiri, termasuk mencuci. Meskipun uang kalian berlebih untuk loundry, sebisa mungkin untuk mencuci sendiri. sehingga uang tersebut bisa dialihkan untuk hal lain yang lebih penting.

5.  Jangan sering ke minimarket

Minimarket menjadi tempat belanja favorit mahasiswa karena teampatnya yang bersih dan pelayanannya yang ramah. Namun hal itu harus dibayar dengan barang yang menjadi lebih mahal. Bagi kalian yang ingin berhemat, jangan sering-sering ke tempat ini, misalnya hanya untuk membeli minuman, makanan, atau tusuk gigi. Karena pengalaman nih, barang yang dibeli tidak seberapa, namun notanya bisa bikin jantungan ringan. 

6.  Membuat skala prioritas

Prioritas berarti sesuatu yang mendesak untuk dimiliki dibandingkan yang lain. Membuat skala prioritas ini penting sekali. Hal ini menghindarkan kita dari membeli sesuatu yang tidak kita butuhkan. Jangan sampai kita terkecoh membeli sesuatu yang tidak terlalu kita butuhkan, dengan mengorbankan sesuatu yang menjadi prioritas. 

7.  Puasa Sunah

Bagi muslim, pasti tidak asing lagi dengan istilah puasa sunah( bagi yang nonmuslim, mungkin bisa lanjut ke poin berikutnya ). Dengan puasa sunah kita tidak hanya menghemat pengeluaran selama sehari, namun menambah investasi kita di akhirat nanti.

8. Beli kebutuhan bulanan

Membeli sesuatu dalam jangka waktu sebulan akan lebih murah dibandingkan membeli sesuatu itu secara eceran atau harian. Misalnya mie instan, belilah satu kardus yang cukup untuk satu bulan ke depan, dibandingkan membeli dua-tiga buah per hari.

9. Cari kost dekat kampus

Kenapa harus dekat kampus? Alasannya simply, karena tidak membutuhkan uang transport yang banyak, bahkan bisa gratis sama sekali. Selain menghemat pengeluaran, kost yang dekat juga memangkas waktu untuk pergi ke kampus.

10.  Bersepeda

Bersepeda merupakan pilihan yang tepat bagi kalian yang ingin berhemat. Moda transportasi murah sekaligus ramah lingkungan ini telah digunakan di beberapa negara maju. Selain hemat, bersepeda juga meningkatkan kualitas hidup seseorang. Karena dengan bersepeda kita sama saja telah berolahraga.

11. Mengatur penggunaan data seluler


Penggunaan data seluler atau yang sering dikenal dengan istilah kuota, memang menjadi masalah bagi beberapa mahasiswa. Apalagi komunikasi yang serba online menuntut mereka untuk selalu mengaktifkan paket data seluler mereka. Hal ini sangat banyak memakan anggaran kita. Ada dua solusi dalam menyelesaikan masalah ini. pertama, matikan data ketika sedang tidak digunakan, misalnya diperjalanan. Kedua adalah mencari wifi atau thetring teman. 

12. Pinjam buku

Tak dapat dipungkiri bahwa buku memiliki peranan penting dalam kehidupaan akademik mahasiswa. Namun jika uang saku kalian pas-pasan, sepertinya tidak perlu memaksakan untuk membeli buku setiap minggunya. Bagaimana solusinya? Meminjam. Tepat sekali! Meminjam bisa dilakukan di dua tempat, pertama perpustakaan dan yang kedua di teman sendiri.  

13. Bawa air mineral sendiri

Berapa harga satu botol minuman di minimarket, paling tidak adalah tiga ribu perak. Jika kalian menghabiskan sejumlah tersebut tiap harinya hanya untuk memebeli minum, kalian bukanlah mahasiswa yang hemat. Bawa air mineral sendiri dari kost. Karena selain menghemat anggaran, hal tersebut juga mengurangi produksi sampah yang mencemari bumi ini.

14, Ikut seminar gratis

Menjadi mahasiswa pasti tidak asing lagi dengan istilah seminar. Selain melalui bangku kuliah, ilmu bagi mahasiswa juga didapat dari seminar-seminar. Namun perlu kalian ketahui bahwa ada beberapa instansi yang menyelanggarakan seminar free HTM. Jadi kalian bisa mendapat ilmu secara Cuma-Cuma alias gratis. Tidak ada salahnya jika kalian mengikutinya.

15.  Mencari makan gratis

Biasanya, setiap hari jum’at atau hari lain tergantung kebijakan, rektor akan menyelenggarakan senam pagi bersama. Nah setelah senam pagi tersebut, para peserta akan mendapat makanan gratis. Hal ini seharusnya tidak boleh kamu lewatkan. Selain itu masih banyak lagi event-event yang menyediakan makan gratis, cari saja!

16. Tidak mengikuti trend fashion

Bagi mahasiswa sama sekali tidak disarankan untuk mengikuti trand fashion. Jika kalian sudah bekerja sih fine-fine saja, namun jika masih mengandalkan uang orang tua atau yang lebih parah menggunakan uang beasiswa untuk mengikuti trend, saya rasa sudah keterlaluan. Selain boros, kegiatan mengikuti trand fashion akan menambah barang-barang tak berguna di kamar kalian. Hal ini terjadi karena kalian terus-terusan membeli pakaian baru, sehingga pakaian lama pasti tak akan pernah dipakai.

17. Tidak pacaran



Tidak pacaran? Apa hubungannya dengan mahasiswa hebat? Eh tunggu dulu, tentu ada hubungannya. Memiliki pacar, tentu saja menambah anggaran kalian sehari-hari. minimal dompet kalian jebol membeli paket data untuk chatingan. Belum lagi bila si doi ngajak makan atau ngajak belanja. Bisa kolaps keuangan kalian.

18.  Olah raga teratur

Kenapa olahraga teratur juga dimasukan dalam poin ini? karena dengan olahraga teratur, tubuh kita akan selalu fit dan tak mudah terserang penyakit. Kira-kira lebih hemat mana? Lari pagi setiap hari atau berobat ke klinik seminggu sekali? Saya kira kalian tahu jawabannya.

19. Berkumpul dengan orang hemat

Kalian pernah mendengar hadist berikut? “Permisalan teman duduk yang shalih dan buruk adalah seperti penjual minyak wangi dan tukang pandai besi. Adapun penjual minyak wangi, bisa jadi ia akan memberimu minyak wangi, atau kamu akan membeli darinya atau kamu akan mendapat bau harum darinya. Adapun tukang pandai besi, bisa jadi ia akan membuat pakaianmu terbakar, atau kamu akan mendapat bau yang tidak sedap darinya.” (HR. Bukhari No. 2101, Muslim No. 2628). Dari hadist tersebut kita bisa menyimpulkan jika kita berkumpul dengan orang hemat, insyaallah kita juga akan hidup hemat. 

20. Aktif organisasi

Dalam organisasi kita akan mendapatkan keuntungan-keuntungan yang mana tidak akan mungkin didapat oleh mahasiswa kupu-kupu(kuliah-pulang-kuliah-pulang). Misalnya delegasi gratis, pengalaman-pengalaman penting, bahkan sering kali dapat makan gratis. 

21. Menjual barang yang tidak dipakai

Barang yang tidak terpakai pasti banyak dimiliki oleh para mahasiswa, namun nilai sentimentil barang tersebut membuat ia tetap berada di kamar sang pemilik meskipun sama sekali tak digunakan. Kita logika saja, sebuah barang pasti memerlukan perawatan, dan perawatan tersebut sering kali mahal, sedangkan barang tersebut jarang atau tidak pernah sama sekali kita gunakan. Jadi solusi yang tepat adalah menjualnya, baik itu pakaian, sepatu, atau barang-barang elektronik.

22.  Bekerja part time

Cara berhemat selain memangkas pengeluaran adalah menambah pemasukan. Bagi mahasiwa, kerja part time adalah solusi yang tepat bagi mereka. Kerja part time tidak harus bekerja untuk orang lain, namun bisa dilakukan misalnya dengan membuka usaha sendiri. 

23. Membeli barang berdasarkan kualitas

Merek tidak menjamin kualitas, tapi kualitas bagus hampir pasti merek terkenal. Kualitas di sini tidak hanya dari segi penampilan namun juga dari keawetan barang tersebut. Misalnya sepatu, tentunya akan lebih murah membeli satu sepatu yang awet meskipun agak mahal, dibandingkan membeli sepatu abal-abal yang sering kali rusak.

24. Berdandan secukupnya


Mahasiswa pergi kuliah untuk menuntut ilmu, bukan mencari perhatian. Jadi bagi kalian khususnya kaum hawa, tidak perlulah berdandan yang terlalu menor. Selain karena memberatkan anggaram, juka membuat diri kalian tampak aneh dan palsu. Jadi biasa-biasa sajalah.

25.  Lakukan mulai dari sekarang


Terakhir adalah pamungkas dari seluruh tips dalam artikel ini. lakukan sekarang! Kenapa bukan besok atau lusa? Ya jika kita terus saja menunda, maka sampai tuapun kita tak akan bisa hidup hemat. Sekali lagi, hemat bukan berarti pelit untuk diri sendiri, melainkan lebih kepada memprioritaskan kesenangan jangka panjang, dibandingkan kenikmatan sementara berupa pemborosan.

Demikian artikel tentang tips hemat ala mahasiswa. semoga kita senantiasa dijauhkan dari sifat boros. terima kasih telah membaca.


Blog, Updated at: 14:26

0 komentar:

Post a Comment

Followers

Popular Posts

Powered by Blogger.
Adsense Indonesia